Blog ini berisi tentang 1001 cerita rakyat seperti kumpulan dongeng, fabel, legenda suatu wilayah, cerita lucu, kumpulan motivasi. Selamat Membaca.

Total Tayangan Laman

Cerita Sang Kancil Bertemu Siput


   Pada suatu hari si kancil terlihat mengantuk dengan mata yang sipit. Matanya terasa amat berat dibuka. “Huaaammm ....”, Si Kancil menguap. Hari itu cukup cerah, Si Kancil merasa rugi jika berdiam diri. Ia mulai berjalan-jalan menelusuri hutan untuk mengabaikan rasa kantuknya sejenak. Sesampainya di atas sebuah bukit, si Kancil berteriak, “Wahai penduduk seluruh hutan rimba, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik, dan pintar di hutan yang luas ini!!! Tidak ada satupun yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku!!!”.

     Sambil menaikkan kepalanya, si Kancil mulai berjalan menuruni bukit itu. Ketika sampai di tepi sungai, ia bertemu dengan seekor siput kecil. “Hai kancil!”, sapa si Siput.
      “Kenapa kamu berteriak lantang tadi? Apakah kamu sedang senang sekarang?”, tanya si Siput.
     “Tidak, aku hanya ingin memberitahu pada penghuni-penghuni hutan rimba ini kalau aku adalah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar daripada yang lainnya”, jawab si Kancil dengan penuh keyakinan.
     “Sombong amat kamu Kancil, kamu salah! Sebenarnya akulah hewan yang paling cerdik di hutan ini!”, kata si Siput.
     “WHahahaha....... mana mungkin Siput sekecil dirimu?” Kata si Kancil.
     "Sebagai pembuktian, bagaimana kalau besok pagi kita lomba lari?", si Siput menantang Kancil.
     “Baiklah! Aku terima tantanganmu wahai Siput....”, jawab si Kancil.
      Akhirnya mereka berdua sepakat mengadakan perlombaan lari di keesokan pagi hari.

      Setelah si Kancil pergi terlebih dahulu, si Siput segera mengumpulkan temannya di dalam hutan rimba. Ia meminta tolong agar semua temannya berbaris dan bersembunyi di jalur perlombaan besok paginya, dan menjawab kalau si Kancil memanggilnya.

      Hari perlombaan yang dinanti sudah tiba, Si Kancil dan Si Siput pun siap beradu lomba lari.
      “Apakah kamu siap kalah dari lomba lari melawanku”, tanya si Kancil.
      “Tentu saja tidak, dan aku pasti akan menang”, jawab si siput.
   Kemudian si Siput mempersilahkan Kancil berlari dahulu dan segeralah berlari dan memanggil si Siput, agar Si Kancil tahu sampai mana si Siput.

    Kancil berjalan dengan santai, dan merasa yakin kalau dia pasti akan menang. Setelah Kancil melangkahkan kakinya beberapa langkah, si Kancil memanggil si Siput. “Siput! Halo Siput! .... Sudah sampai mana kamu, Siput?”, teriak si Kancil.
   “Aku ada di depanmu Cil!”, teriak si siput. Kancil terkejut dan terheran-heran, lalu segera mempercepat langkahnya.
     Kemudian Ia memanggil si Siput, dan si Siput menjawab dengan kata yang sama.”Aku ada di depanmu, Cil!”

     Akhirnya si Kancil berlari, tetapi tiap Ia memanggil si Siput, Ia selalu muncul dan berkata kalau dia ada depan Kancil. Hingga tiba saatnya Kancil merasa keringatnya bercucuran, kakinya terasa lelah dan nafasnya terengah-engah.
      Kancil berlari terus menerus sampai akhirnya dia melihat garis finish. Wajah Kancil sangat gembira sekali, karena ketika si Kancil memanggil si Siput, sudah tidak ada jawaban lagi. Kancil merasa bahwa Ia adalah pemenang dari perlombaan lari pagi itu.

     Betapa terkejutnya si Kancil, karena dia melihat si Siput sudah duduk manis di batu dekat garis finish. “Hai Kancil! Kenapa kamu lama sekaliii? Aku sudah menunggumu dari tadi!”, teriak si Siput. Dengan rasa malu yang menusuk sampai ke ulu hati, si Kancil menghampiri si Siput dan mengakui kekalahan telaknya. “Makanya jangan sesekali sombong!!! Kamu memang cerdik dan pandai, tetapi kamu bukanlah yang terpandai dan tercerdik di hutan rimba ini”, kata si siput.
      “Iya, maafkan aku Siput, aku tak akan menyombongkan diri lagi”, kata si Kancil.


- SEKIAN 
Share:

4 comments:

Let's comment ...

Translate

Labels

Featured Post

Perang Bubat Antara Majapahit dan Sunda

Sejarah Perang Bubat berasal dari Prabu Hayam Wuruk yang ingin memperistri putri Prabu Linggabuana yang bernama Dyah Pitaloka Citr...

About Me

My photo
semua konten blog-blog yang saya publis adalah 100% lulus uji konten dari berbagai Duplicate Checker, terima kasih ........ My Contacts : Instagram : @suhendravebrianto ,, Twitter : @suhendravebrian
-------- SUBSCRIBE untuk mendapatkan tutorial Adobe Photoshop dan After Effect yang super keren.

Recent Posts

Populer Stories

Suhendra Vebrianto. Powered by Blogger.

BTricks

cursor

Mushroom Shroom